KPU Mamuju Buka Seleksi PPS untuk Pilkada 2020

421

Gandangdewata.com, MAMUJU–KPU Mamuju membuka seleksi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada tahun 2020. Kuota sebanyak 606 orang disediakan KPU untuk posisi tersebut.

Sama dengan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), calon anggota PPS juga dituntut untuk memiliki kualiafikasi, serta kualitas yang mumpuni. Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang mengatakan, untuk mendapatkan PPS yang ideal, sejumlah persyaratan pun telah disusun bagi siapa saja yang menginginkan posisi itu.

“Proses seleksinya kurang lebih sama dengan rekrutmen PPK yang lalu. Kami menginginkan anggota PPS itu adalah mereka yang punya kualitas dan berintegritas,” kata Hamdan Dangkang, Minggu, 16 Februaru 2020.

606 kuota anggota PPS di atas tersebar di seluruh desa dan kelurahan se-kabupaten Mamuju. Dengan rincian, enam orang per desa atau kelurahan.

“Akan ada tiga orang untuk tiap desa atau kelurahan. Tiga orang lainnya cadangan. Jadi enam per-desa atau kelurahan,” sambung Hamdan Dangkang.

Sementara itu, Komisioner KPU Mamuju divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Ahmad Amran Nur menyebut, proses seleksi bagi calon anggotra PPS untuk Pilkada Mamuju dimulai dari penelitian berkas administrasi, tes tertulis dan wawancara.

“Mekanismenya sama dengan PPK kemarin. Ada penelitian berkas administrasi, lalu tes tertulis dan seleksi wawancara. Termasuk ruang untuk tanggapan atau masukan dari masyarakat,”  sumbang Ahmad Amran Nur.

Timeline seleksi calon anggota PPS Pilkada Mamuju dimulai dari tahap pengumuman 15-17 Februari tahun 2020. Sementara masa penerimaan pendaftaran bakal dilakukan di rentang waktu antara 18-24 Februari tahun 2020.

Informasi lebih lanjut seputar seleksi calon anggota PPS Pilkada Mamuju tahun 2020 dapat dilihat diperoleh di kpu-mamuju.go.id, atau di ragam akun media sosial resmi KPU Mamuju. Termasuk syarat dan ketentuan seleksi calon anggota PPK.(*)

BAGIKAN